Melatih Drum Band Untuk Anak TK/SD

Sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang mempunyai peralatan drum band/marching band, akan tetapi belum tentu sekolah yang sudah memiliki peralatan drum band/marching band juga sudah memiliki pelatih Drum Band. Karena begitu minimnya tenaga pelatih drum band/marching band untuk sekolah khususnya TK/SD yang ada di Indonesia ini, kebanyakan dari insan marching band hanya sebagai pemain saja dan setelah tidak menjadi pemain biasanya mantan-manatan pemain ogah untuk melatih Drum Band/ Marching Band, apalagi untuk melatih anak-anak TK/SD.

Dari Keterangan diatas berarti tenaga pengajar/pelatih Drum Band untuk TK/SD bisa dikatakan langka. Untuk itu kami ada beberapa tutorial atau panduan untuk mengajar anak-anak TK/SD dalam melatih Drum Band.

Diantara yang harus di miliki seorang pelatih drum band TK/SD adalah sbb:

1. Minimal kita harus memiliki dasar musik yang cukup.
2. Sabar
3. tekun
4. tidak mudah putus asa
5. selalu kreatif

5 syarat diatas itu setidaknya harus anda miliki sebelum terjun menjadi seorang pelatih Drum Band.

Selanjutnya apa yang harus diajarkan ke anak-anak?

1. Kedisiplinan (sesuai kemampuan anak TK/SD)
2. Materi Drum Band yang akan kita ajarkan
3. Kekompakan
4. Komunikatif
5. Intermesso

Untuk materi yang akan diberikan usahakan kita menggunakan metode yang paling mudah diingat anak, silakan menggunakan bahasa apa aja bebas seperti hitungan “1-9”, “ka-ki”, “a, b, c, d” atau yang lainnya tapi biasanya saya menggunakan hitungan “1-9” yang penting mudah diingat anak-anak tetapi nilai pukulannya harus sama dengan apa yang akan kita ajarkan.

Selanjutnya materi yang pertama diajarkan ke anak-anak adalah:

1. Pemanasan (Warming up)

a. Kita bisa mengajarkan ke anak pukulan “single” kanan 8 X kiri 8X sebanyak 2X ulangan. Gunakan ucapan tu, wa, ga, pat, ma, nam, juh, pan
b. Selanjutnya pukulan “didle” kanan 5X dan kiri 5X sebanyak 2X ulangan ucapannya adalah satu X dua X tiga X empat X liima (dibaca agak cepat dan untuk yang liima agak dipanjangkan “I” nya agak panjang)
c. Pukulan Trididle yaitu memukul 3X pukulan ditambah hitungan “satu”. Dengan metode pengucapan “berhenti-berhenti-berhenti-sa-tu” (bisa dikembangkan sendiri metode pengucapannya).

2. Materi inti

a. Standar pukulan anak TK dan anak SD adalah pukulan 5X. yaitu kanan dan kiri memukul secara bergantian (cara pengucapannya adalah “tuwagapatma” dengan tempo agak cepat. Tangan kanan dan tangan kiri memukul secara bergantian, dalam arti tu=kanan wa=kiri dan seterusnya
b. Prak-prak atau Flam digunakan untuk lagu kejutan atau break.cara mukulnya tangan kanan dan kiri memukul secara bersamaan.
c. Pukulan 5 doubel yaitu cara mukulnya sama dengan yang di sub-a. kanan dan kiri bergantian mukul tetapi hitungannya double. Dan cara ucapannya adalah (tu, du-a, ti-ga, em-pat, li-ma).

Kayaknya sudah cukup cara pengajaran drum bandnya pukulan di atas sudah bisa digunakan untuk lagu-lagu yang sederhana. Dan Pukulan pukulan di atas bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan keinginan kita, yang penting kita sabar, tidak mudah emosi, putus asa, dan paling penting kontinyuitas. Semoga bermanfaat untuk bersama.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: