Metode Melatih Display/Formasi Untuk Anak TK

Dalam dunia Drum Band, Sebenarnya Display atau formasi tidak selalu digunakan, semua mengarah pada format pertunjukan yang akan kita lakukan. karena dalam Drum Band kita mengenal format pertunjukan Parade dan Display showmansip (Formasi). termasuk untuk kelas TK.

Dari pengalaman saya untuk melatih display/formasi untuk anak-anak TK memang butuh kesabaran yang sangat-sangat cukup, karena anda tahu sendiri bagaimana tingkah laku anak-anak kecil sekelas TK. kadang ribut sendiri waktu kita menjelaskan, kadang ngobrol dengan temennya, kadang nangis dll, pokoknya yang membuat kita pusing lah. Tapi Semua itu jika dijalankan dengan terus-menerus dan kesabaran serta tidak putus asa saya yakin anda bisa melakukannya.

Pertama
Kita harus doktrin anak-anak TK untuk bisa menjalankan apa intruksi kita dengan penjelasan yang berulang-ulang. Tapi ingat jangan sampe emosi ya.

Kedua
ajak anak-anak ke tempat yang lapang untuk memulai formasi awal yang kita inginkan. Biasanya sih pada ribut, tidak bisa rapi/tengak-tengok, dll. Selalu beri peringatan kepada anak yang agak susah diatur, kalo perlu dekatkan muka anda ke anak tersebut, bolehlah agak marah dikiiitt. Hal itu dilakukan supaya anak selalu ingat apa yang anda peringatkan kepada anak.

Ketiga
Setelah suasana agak bisa dikendalikan mulailah gerakan demi gerakan yang anda inginkan. Boleh Kotak, Miring, segitiga, pokonya usahakan yang persegi, agar bentuk bisa terlihat. Usahan jangan bentuk yang melengkung. Seperti elips, lingkaran, atau bentuk yang melengkung lainnya. Karena bentuk melengkung biasanya jika diterapkan pada anak TK, jadinya tidak karuan. Tapi kalo bisa ya maksimalkan aja.

Keempat
Jika kita ingin bentuk 2 blok artinya bentuk terdiri dari kanan/kiri, atas/bawah, atau yang lainnya, Usahakan Pada waktu melakukan gerakan atau waktu jalan menuju bentuk yang kita inginkan, jangan menginstuksikan ke-anak untuk jalan bersamaan dengan blok yang lain atau dengan kata lain satu persatu menjalankan blok nya, kecuali kalo anak sudah paham maksut kita. karena jika kita menginstruksian bersamaan khawatir bentuk yang kita inginkan akan amburadul, jika anak sudah paham ya ga papa sih.

Kelima
Ulangi semua yang telah barusan di instruksikan minimal 2 kali ulangan. setelah anak-anak hafal lanjutkan ke bentuk selanjutnya. Perlu diingat juga beri doktrin terus-menerus kapan gerakan itu di jalankan, dengan cara memberikan tanda musik atau waktu bunyi apa mereka harus jalan.

Keenam
Jika semua bentuk rancangan anda sudah anda berikan dan anak sudah agak hafal, instruksikan ke anak untuk menjalankam secara keseluruhan. Selalu dampingi bentuk-bentuk yang menurut anda rawan amburadul. kalo perlu tuntun anaknya untuk melakukan bentuk.

3 Tanggapan

  1. sya kepingin sekali mendapatkan contoh lagu2 dan notnya trims sebelumnya salam kenal dari kami…trims sekali kami ucapkan

  2. trims atas masukannya, saya kepala Tk dan agak sedikit kesulitan dalam mengatur display. sedangkan guru drumband nya hanya 1 x seminggu. padahal kami sudah dikejar target untuk perlombaan 14 april ini.mudah-mudahan saya bisa menerapkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: